Kelebihan dan Kekurangannya :

1. Blackberry

    BlackBerry pertama kali diperkenalkan pada tahun 1997 oleh perusahaan Kanada, Research In Motion (RIM). Blackberry mempunyai keunggulan seperti layanan push emai (dimana email akan tehubung terus diponsel kita layaknya sebuah sms), chatting dengan fitur Blackberry Messengger (BBM), dan Browsing. Untuk fitur browsing dan Email pada BB akan dikompresi dahulu sehingga diterima
    dengan ukuran yang lebih kecil dan lebih cepat di buka.Beberapa software Blackberry diantaranya ialah :

  • BES (BlackBerry Enterprise Server) yakni perangkat blackberry yang digunakan oleh jaringan e-mail yang berbasis Microsoft Exchange, Lotus Domino, dan Novell Group Wise.
  • BPS (BlackBerry Professional Software) perangkat ini digunakan bagi pengusaha kecil dan menengah, ia menyediakan berbagai fitur yang dibutuhkan karyawan, dalam sebuah paket yang mudah dipasang dan harga yang lebih murah.
  • BIS (Blackbarry internet service) perangkat lunak yang mampu mengintegrasi smartphone dengan 10 akun email yang berbasis post office protocol dan internet massage access protocol. BIS juga dapat membuka tambahan data dalam bentuk excel, word, powerpoint, pdf, zip, jpg, gif dengan tingkat kompresi data yang tinggi.
  • BlackBerry MDS (BlackBerry Mobile Data System) aplikasi yang menyediakan sebuah alat pengembangan untuk membangun, menyebarluaskan, serta mengatur interaksi antara BlackBerry smartphones dan aplikasi perusahaan.
  • Keuntungan dan kerugian BB:
    1. BB nomor satu soal messanging. Dan komunitasnya luas
    2. Layanan jejaring sosial semuanya mudah dan cepat.
    3. Ada pointernya, serasa pake komputer, buat browsing jg enak.
    4. untuk BB bold lebih tahan banting walaupun berkali-kali jatuh.
    5. Spec-nya minim, harga mahal, dibandingkan dgn HP lain yg specnya sama, lbh murah.
    6. Layarnya kurang lebar, sihingga untuk denger musik kurang maksimal.
    7. Multimedia kurang,sehingga untuk menambah aplikasi tidak banyak.
    8. Tarif layanan BIS mahal,kita harus menyiapkan anggaran tiap bulannya.

2. Android

    Android adalah sistem operasi telepon seluler yang berbasis Linux. Ada beberapa alasan mengapa Android memiliki potensi untuk sukses besar,alasannya sebagai berikut :
    Pertama, ini merupakan platform terbuka, yang berarti bahwa setiap orang dapat men-download software development kit dan membuat aplikasi untuk Android. Hal ini memungkinkan kita untuk dapat menikmati/mendownload aplikasi tersebut lebih banyak. Sebagian besar
    bersifat free walaupun adapula yang berbayar, semuanya ada pada Android Market.
    Kedua, Google memiliki reputasi yang sangat baik ketika datang untuk menciptakan perangkat lunak. Perusahaan layanan Gmail, suite online-nya aplikasi, dan browser Chrome sudah terbukti diterima oleh sebagian besar pengguna nya.
    Ketiga, software/aplikasiyang nantinya dibuat dapat datang dari Google dan dari siapapun yang
    memilih untuk membuat aplikasi android nya. Sebuah perusahaan perangkat mobile pun diberi keleluasaan untuk menggunakan OS ini tanpa ada lisensi.banyak kelebihan-kelebihan yang diberikan dari hp android sebagai contoh SE Xperia X10i. HP ini memiliki beberapa keunggulan di banding BB yaitu antara lain:
    1. Layanan jejaring sosial semua dalam genggaman (plurk, twitter, fb, dll..cepat terupdate+notifikasi cepat berasa kirim SMS), tampilannya sangat menarik+puas liatnya (karena layarnya gede 4 inci)
    2. multimedianya jagokan, dari semua Android, Xperia X10i mempunyai multimedia exclusive
    3. Kualitas kamera setara kamera digital dengan tinggi pixel sama (8.1 MP) dan rekam videonya pun High Definition.
    4. face recognition, yang bisa ngenalin orang dengan mengarahkan kamera ke wajah orang tersebut.
    5. kualitas gamenya setara iPhone processornya 1 GHz, RAM 364 MB, internal memory 1 GB, eksternal memory 8 GB.
    6. Aplikasinya banyak, terus bertambah,ada Adobe Photoshop Mobile, GPS dengan navigasi lengkap ada tampilan 3D jalan raya, speedometer, lokasi kemacetan, dsb layaknya di iPhone, dan editing video maupun nonton video puas banget di layar gede
    7. gampang diubah mau diganti posisi menu jd ke atas, ke bawah, mau ganti emoticon, widget, ganti default aplikasi kamera, musik, dsb, mudah banget.berasa pake Linux.

Itulah beberapa kelebihan dan kekurangan dari BB dan Android.apapun keunggulan dan kekurangan itu semua tergantung kebutuhan dari masing-masing pengguna. semoga tulisan saya ini bisa menjadi pertimbangan sebelum anda membeli HP. Blackberry dan Android adalah dua platform
mobilephone yang bersaing ketat di pasar smartphone, saat ini. iPhone-nya Apple, gimana?
Untuk pasar smartphone di Indonesia, iPhone kurang bisa bersaing. Bukan karena kualitas iPhone jelek (justru sebaliknya), tapi karena harga-nya yang menurut saya kurang bersahabat dengan kantong kebanyakan orang Indonesia. Harga paling murahnya saja di atas 5 juta rupiah. Sedangkan blackberry dan ponsel Android, walaupun ada juga yang harganya di atas 5 juta, tapi yang di bawa 5 juta rupiah lebih banyak, bahkan ada yang di bawah 2 juta rupiah.

Sumber : i-dus.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s