Tanggal 14 Februari 2012 ini adalah hari untuk merayakan Hari Kasih Sayang atau Hari Valentine. Banyak orang membagikan makanan berupa cokelat untuk orang terdekat yang disayangnya. Lalu apa sih manfaat cokelat untuk kesehatan?Kelembutan dan rasa manis pada cokelat bisa membuat siapa saja menyukainya. Selain rasanya yang manis, cokelat juga kaya manfaat terutama untuk kesehatan tubuh manusia. Ingin tahu apa saja manfaat kesehatan dari cokelat? Simak baik-baik penjelasan berikut ini!!

1. Membantu Pencernaan.

    Berdasarkan penelitian, cokelat ternyata mengandung kakao alami dan flavanol. Selama memproses biji cokelat, jumlah kalorinya berkurang dan selama proses pencernaan didalam
    perut cokelat akan menyerap lemak dan karbohidrat dari makanan lain. Karenanya cokelat cocok untuk Anda yang sedang diet.

2. Menjaga Kesehatan Jantung.

    Wanita yang memakan 30-60 gram cokelat dalam seminggu beresiko lebih rendah terkena gagal jantunghingga 32 persen. Hal itu terungkap di sebuah penelitian dari Harvard pada tahun 2010 yang dilaporkan Joyce Hendley kepada EatingWell Magazine. Itu artinya cokelat juga baik untuk kesehatan jantung.

3. Mudah Tersenyum.

    Banyak orang percaya kalau cokelat itu bisa meningkatkan mood seseorang. Itu karenanya cokelat bisa membuat perasaan hati bisa lebih senang sehingga orang yang memakannya akan mudah tersenyum. Terbukti berdasarkan survei yang dilakukan di Inggris, 60 persen wanita yang gemar makan cokelat lebih sering senyum, dibandingkan yang lainnya. Tidak percaya? Silahkan coba sendiri saja.

4. Membantu Penglihatan.

    Selain wortel, ternyata cokelat juga bisa membantu meningkatkan penglihatan jadi lebih baik. Anti oksidan yang terkandung pada cokelat hitam (dark chocolate) bisa membantu penglihatan lebih baik, terutama dalam membedakan warna dan mendeteksi gambar yang bergerak.

Itulah manfaat kesehatan yang bisa kita peroleh jika mengkonsumsi cokelat. Jadi, jangan pernah merasa kecewa jika di Hari Valentine tahun ini kamu hanya mendapatkan cokelat. Karena dari sebuah cokelat tersebut
terdapat manfaat kesehatan yang baik untuk kamu.

Sumber : menjelma.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s