Yang namanya ngemil bukan hanya milik orang hamil saja. Anda yang tidak hamil pun pasti sering mengalaminya. Coba pikir, ada kalanya Anda kepingin sekali mengunyah makanan yang manis-manis tanpa sebab. Bahkan rela keluar rumah demi mendapatkan sepiring kentang goreng karena rasanya lidah Anda sudah tidak tahan lagi!Bila Anda tidak bisa menahan diri melahap semua makanan yang Anda idam-idamkan, bisa-bisa buyar deh diet yang sudah Anda jaga setengah mati. Tapi sebenarnya ngidam bisa jadi cara tubuh Anda mengatakan kekurangan akan zat tertentu.

Berikut adalah 7 macam ngidam makanan, dan apa artinya.

1. Makanan Asin

Jika Anda ngidam makanan asin terus-menerus, seperti kentang goreng dan keripik kentang, tubuh Anda mungkin mencoba untuk memberitahu Anda bahwa Anda sedang kekurangan kalsium — atau mungkin kombinasi dari potasium, kalsium dan besi.

2. Cokelat

Cokelat adalah anti-depresan alami. Ketika Anda memakannya, bahkan dalam jumlah kecil, otak Anda melepaskan serotonin, yaitu
zat kimia ‘bahagia’, ke aliran darah Anda. Jika Anda merasa sedih, Anda mungkin akan ngidam sepotong cokelat. Dark chocolate merupakan pilihan yang lebih sehat dibanding milk chocolate.
Ngidam cokelat juga mungkin menunjukkan bahwa Anda kekurangan magnesium.

3. Makanan Pedas

Pecandu makanan pedas cenderung merupakan pecandu adrenalin juga, jadi jika Anda kecanduan makanan Indonesia, Thailand atau India yang pedas-pedas, bisa jadi Anda memang senang tantangan dibanding kekurangan vitamin atau mineral. Anda mungkin juga ngidam makanan pedas jika udara sedang panas, karena makan makanan pedas membuat Anda berkeringat, dan keringat bisa mendinginkan tubuh Anda.

4. Yang Manis-Manis

Jika Anda hanya menginginkan makanan manis, seperti kue kering, cake, bahkan permen, mungkin Anda sedang membutuhkan masukan energi yang cepat, karena gula adalah sumber energi instan. Agar diet Anda tidak rusak gara-gara ngidam makanan penuh gula, cobalah segenggam buah manis, buah kering, seperti buah delima atau pir untuk memuaskan lidah Anda.

5. Manis dan Asin Secara Bersamaan

Jika Anda mengidam makanan manis dan asin secara bersamaan, kemungkinan besar Anda sedang kelelahan dan perlu dorongan
energi.

6. Karbohidrat

Jika Anda menginginkan makanan yang mengandung karbohidrat — mungkin tidak ada alasan khusus, karena sebagai manusia, kita memang harus mengkonsumsi karbohidrat untuk terus hidup, dan ada saat-saat ketika tubuh membutuhkan asupan untuk cadangan. Yang penting jangan mengkonsumsinya secara berlebihan, karena tubuh akan menyimpannya sebagai lemak.

7. Cuma kepingin Ngemil Aja?

Kita ngidam makanan untuk berbagai alasan, seperti yang Anda lihat diatas. Memang benar, ngidam adalah cara alam menunjukkan bahwa tubuh memerlukan asupan vitamin atau mineral. Tapi bisa juga ini mengindikasikan bahwa Anda hanya sedang bosan, depresi, atau bahkan haus. Anda harus hati-hati membedakannya.

Sekarang Itu Anda tahu apa arti dari ngidam yang Anda alami.
Manakah dari ngidam makanan ini yang terus-menerus menghantui Anda? Bagaimana Anda melawannya? Atau apakah Anda pernah ngidam makanan yang lain dari daftar diatas?

Sumber : i-dus.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s