Anda tentu tidak mau bukan akun Facebook Anda diacak-acak oleh orang yang tidak bertanggung jawab. Karenanya keamanan akun Facebook Anda pun harus ditingkatkan. Apalagi sekarang berbagai software untuk menjebol pasword Facebook sudah bayak bermunculan. Lalu bagaimana
cara mengatasinya?

Anda tidak perlu bingung untuk mengantisipasi hal itu.Berikut ada beberapa langkah mudah yang bisa membantu Anda dalam mengamankan akun Facebook Anda. Simak baik-baik yah!

1. Gunakan Kombinasi Unik untuk Password Anda
Password yang kuat dapat dibuat dengan kombinasi angka dan huruf bahkan berbagai karakter yang lain. Itu karenanya banyak admin yang sekarang menggunakan password yang cukup panjang, ditambah dengan enkripsi seperti PGP key dan lainnya sehingga cukup sulit untuk menebak password.

2. Sembunyikan Informasi Kontak Email Anda di Facebook
Kebanyakan orang mencebol password Facebook dengan mereset ulang passwordnya dan memasukan kode konfirmasi yang dikirim ke email Anda.
Jadi, jangan biarkan orang lain melihat dan mengetahui alamat email dan password email Anda. Jika email dan passwordnya sudah dipegang orang lain itu berarti Facebook Anda pun akan mudah di bobol. Pilih layanan privasi dan sembunyikan alamat email Anda dari siapapun.

3. Sering-seringlah Mengganti Password
Anda sebaiknya semakin sering mengubah password untuk autentikasi tersebut. Semakin sering password berubah itu semakin baik, karena semakin sulit si penebak password untuk membobol akun atau sistem Anda. Waktu pergantian password tergantung si pemilik akun, tapi pastikan Anda tidak lupa dengan password baru jika sudah diganti.

4. Jangan Gunakan Password yang Sama pada Akun yang Berbeda
Anda mungkin membuat akun email dan jejaring sosial yang banyak, namun setiap membuka akun baru Anda memilih menggunakan password yang sama. Hal ini sangat rentan dan bahaya. Karena ketika ada hacker yang berhasil membobol akun yang satu, maka semua akun bisa diambil oleh hacker tersebut.

5. Jangan Menyimpan Password dan User Id di Komputer
Terkadang beberapa orang memilih untuk menulis user id dan passwordnya di komputer, note book atau alat lainnya karena takut lupa. Hal ini juga sangat rentan, mengapa? Karena apabila alat tersebut hilang maka cepat atau lambat user id dan password yang disimpan bisa diakses oleh si pencuri barang tersebut.

Demi keamanan akun Facebook Anda tidak ada salahnya Anda melakukan kelima langkah tersebut. Lakukanlah sebelum terlambat jika tidak ingin menyesal!!

Sumber : ciricara.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s