Buat kamu yang memakai smartphone dengan sistem operasi Android, pasti akan tertarik untuk mencoba memperpanjang daya tahan baterai pada perangkat yang kamu punya tersebut.Kami akan mencoba untuk membantu kamu dengan memberikan beberapa tips yang bisa kamu lakukan untuk memaksimalkan daya tahan baterai gadget tersebut.

Pertama-tama, kita harus tahu terlebih dulu, apa saja yang menyita penggunaan baterai smartphone tersebut. Kamu bisa mencarinya melalui menu Settings > About Phone > Battery. Disana kamu bisa melihat, apa saja yang memakan daya baterai, mulai dari yang terbanyak, sampai yang paling sedikit.

Biasanya, hal yang paling sering menyedot baterai adalah tingkat kecerahan/brightness dari layar smartphone tersebut. Untuk itu, mudah saja. Kamu bisa mengurangi tingkat brightness melalui pilihan menu Settings > Display > Brightness. Aktifkan fitur auto brightness, atau cukup kurangi saja tingkat brightness.

Nonaktifkan juga fitur Sync yang berjalan secara otomatis, terutama pada e-mail, Facebook, Twitter, dan lain-lain. Untuk e-mail, kamu bisa menuju ke aplikasi Email, lalu pilih Account Settings, dan pilih bagian E-mail Check Frequency. Perpanjang interval frekuensi pengecekan e-mail baru, bisa setiap 1 jam sekali misalnya. Hal yang sama juga bisa dilakukan pada setiap aplikasi media sosial seperti Facebook dan Twitter.

Fitur GPS juga sering kali menjadi salah satu yang menyedot baterai.
Nonaktifkan fitur GPS tersebut untuk bisa lebih menghemat baterai.

Selain itu, kamu juga bisa menonaktifkan fitur Wi-Fi dan Bluetooth jika sedang tidak digunakan. Wi-Fi sering kali dibiarkan aktif terus menerus, demikian juga dengan Bluetooth. Untuk menonaktifkan Wi-Fi, bisa melalui Settings > Wireless & Networks > Wi-Fi. Hilangkan centang disana untuk menonaktifkan Wi-Fi. Hal yang sama berlaku untuk Bluetooth. Kamu bisa ke Settings > Wireless & Networks > Bluetooth untuk menonaktifkan.

Sekian tips dari kami, selamat mencoba! Dan semoga tips ini berguna bagi semua pengguna smartphone Android.

Sumber : ciricara.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s